Wednesday, March 29, 2017

Pemrograman Jaringan: NsLookup

Hai semuanya! Kalau sebelumnya kita mengecek suatu IP address komputer hanya secara langsung menggunakan program, kali ini saya akan membahas mengenai mendapatkan IP address suatu komputer menggunakan hostnamenya atau nama dari komputernya, tentu dengan menggunakan program java. Yaitu lebih tepatnya menggunakan getAddress(). Berikut ini source code yang saya gunakan:



Berikut adalah penjelasan saya mengenai kode tersebut.
  • Pertama sama seperti program sebelumnya, program akan mengecek parameter yang ditentukan oleh user. bila tidak ada parameter yang ditentukan oleh user atau belum dimasukkan oleh user maka akan program akan memberitahukan kepada pengguna cara penggunaan program ini. yaitu "Pemakaian: java NsLookup <hostname>"
  • Yaitu program ini dijalankan diikuti dengan hostname dari komputer yang ingin diketahui IP Addressnya. 
  • Bila Hostname yang dimasukkan tidak diketahui oleh program, maka program akan menampilkan pesan bahwa "Unknown Host" dan program akan keluar.
  • Namun jika ada, array bit data yang berupa ip akan mengambil ip komputer yang digunakan. karena ini berbentuk array ip, maka untuk mencetaknya kita gunakan perulangan for sebanyak jumlah dari ip addressnya. yang dimana ip tersebut akan dipisah menggunakan titik. 
  • oxff disitu artinya dalam bilangan hexa.

Maka Output dari program ini adalah hostname dari komputer anda, yaitu seperti di bawah ini contohnya:



Sekian, Terima Kasih sudah membaca :)


Sumber:
http://achsan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/42647/Nslookup.txt

0 comments:

Post a Comment