Thursday, March 30, 2017

Pemrograman Jaringan: Membangun Aplikasi Client-Server TCP Sederhana


Hai semuanya! setelah sebelumnya saya posting mengenai host dan ip pada jaringan komputer, maka kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat simple chat untuk client dan server! menarik bukan? yuk langsung saja kita bahas!

Pertama-tama yang kita buat adalah simpleServer.java dulu. Codenya adalah sebagai berikut:



Oke langsung saja kita bahas! emm.... mungkin kali ini saya akan bahas lebih detail ya biar kalian mengerti.. yuk langsung aja:
Pertama kita bahas servernya dulu, program java ini akan mengimport library io dan net yang akan di gunakan. Throws exception digunakan untuk menangani kesalahan nantinya. . Kemudian terdapat variabel integer TESTPORT bernilai 5000 dan ada inisialisasi fungsi-fungsi yang bernilai null. Program ini diberi nama simpleServer.java0

Kemudian terdapat penganan kesalahan dengan perintah try-catch yang dimana jika nilai variabel testport sesuai maka program server akan hidup dan menampilkan output bahwa aplikasi server telah hidup.
Kemudian akan terdapat fungsi checkServer yang dimana program atau server ini akan memberi output atau sapaan kepada user berupa salam. Jika user atau client memberikan inputan salam, maka program atau server akan membalas salam juga. Namun jika tidak, maka akan menampilkan bahwa server tidak mengerti inputan client. lalu selanjutnya program akan menutup input stream dan juga menutup koneksi.



SELANJUTNYA, kita bikin simpleClient untuk berkomunikasi dengan clientnya. yaitu sebagai berikut:



oke langsung aja ya kita bahas:
Pertama kita bahas servernya dulu, program java ini akan mengimport library io dan net yang akan di gunakan. Throws exception digunakan untuk menangani kesalahan nantinya. . Kemudian terdapat variabel integer REMOTE_PORT bernilai 5000 dan ada inisialisasi fungsi-fungsi yang bernilai null. Program ini diberi nama simpleClient.java0

Selanjutnya kita membuka koneksi ke server menggunakan REMOTE_PORT tadi. Jika host yang di masukkan oleh user tidak diketahui oleh program maka program akan mengatakan Unknow host. namun juga tidak ada, program akan error io.


Selanjutnya kita akan menulis ke server dengan memasukkan kata kunci. Jika terjadi kesalahan, program akan memberikan informasi bahwa telah gagal menuliskan pesan kepada server.


Lalu untuk kodingan diatas, adalah untuk menerima tanggapan dari server yang berada di dalam variabel output. Maka program akan mencetaknya.


Terakhir kita tinggal menutup koneksi, input dan juga outputnya. jika gagal, program akan memberitahukan kesalahannya.


OUTPUT

Pertama, kita inputkan sesuai kata kunci

Menjalankan server..

Menjalankan Client dan memasukkan inputan kata kunci.. (maka server akan membalas "Salam juga")

Kedua, kita inputkan tidak sesuai kata kunci

Menjalankan server..

Menjalankan Client dan memasukkan inputan kata kunci.. (maka server akan membalas "Maaf tidak mengerti"



Sumber: 
http://achsan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/42649/Membangun+Aplikasi+Client.doc

0 comments:

Post a Comment