Thursday, November 03, 2016

SEO ( Search Engine Optimization )

Asslamaulaikum.
Apakah kalian pernah mendengar kata atau istilah SEO?
Apa itu SEO?
Bagaimana cara kerja SEO yang sebenarnya?
Yuk mari kita kupas tuntas secara lengkap

Apa itu SEO?



SEO itu adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Yaitu adalah suatu teknik atau cara untuk membuat suatu website situs atau blog kita ini, berada pada halaman / posisi teratas di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak sekali pengertian SEO dan juga sangat luas pembahasannya. Namun semua pada intinya menjelaskan hal yang sama. Yaitu mengoptimalkan suatu halaman website atau blog kita ini agar berada pada halaman pertama dan paling atas di search engine yang sedang digunakan dengan kata kunci yang di inginkan.

Bagaimana Sejarah Singkat SEO?



Apa sih asal mula SEO itu? Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 26 Juli, oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).


Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Contoh SEO Tuh Seperti Apa?

Misalkan saja saya mempunyai suatu artikel mengenai "Franchise" di website saya, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “ Usaha Franchise”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut. Lihatlah gambar di bawah ini:


 Lalu kita ganti keywordnya namun masih menggunakan kata "franchise". Sehingga hasilnya akan:

Bisa kita lihat diatas, apapun keyword pencarian jika memang kita memasukkan keyword franchise, maka artikel saya akan berada pada urutan paling atas. Hal itu terjadi karena kita sudah mengoptimalkan website kita dengan menggunakan teknik SEO. Sehingga akan membuat traffic kedatangan pada website atau artikel saya menjadi tinggi. 

Apa Keuntungannya?


SEO
NON-SEO

Jika sudah berada di halaman pertama hasil pencarian Google sesuai kata kunci yang ditarget, situs / halaman akan memiliki kesempatan tampil selama 24 jam,

Selama seminggu, secara terus menerus, sampai ada situs / halaman lain yang lebih optimal SEO nya dari pada situs / halaman tersebut. Akibatnya, situs / halaman mendapat traffic terus menerus dari pengunjung internet.


Jika dimunculkan oleh Google, bisa berada di Nomor 1, 2 ataupun 3 dari hasil pencarian. Bisa berada diatas hasil pencarian situs/halaman yang di SEO kan.

Tidak perlu membayar kepada Google berapapun itu. Untuk bisa ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian Google selama 24 jam seminggu secara terus menerus itu. Promosi yang tidak tidur untuk meningkatkan ROI anda.


Bisa langsung berada di halaman pertama bahkan nomer satu hasil pencarian Google hanya dalam waktu kurang dari satu jam sehingga bisa segera memasarkan produk atau jasa dan segera mendapatkan keuntungan penjualan.

Lebih fleksibel menentukan judul dan deskripsi situs / halaman.



Membangun otoritas dan brand perusahaan, professional atau personal atau personal secara online dengan lebih baik.



Terus Apa Kerugiannya?


SEO
NON-SEO

Tidak bisa hanya dalam waktu kurang dair 1 jam untuk dapat muncul di halaman petama Google. BIsa butuh waktu harian, mingguan, atau bulanan, tergantung dari beberapa factor.


Hasil pencarian situs / halaman ini disebut juga iklan (ads), iklan berbayar (paid-ads), iklan PPC (pay-per-click), iklan CPC (cost-per-click), atau hasil pencarian non-organik yang bukan merupakan penghuni tetap hasil pencarian Google


Dibutuhkan biaya, waktu dan usaha saat melalukan SEO walaupun nanti hasil yang didapat bisa lebih permanen dibandingkan situs / halaman non – SEO


Untuk dapat berada di halaman 1 hasil pencarian Google, dibutuhkan biaya iklan dan optimasi beberapa hal terkait relevansi iklan, pengalaman pengguna dan tingkat klik iklan.

Karena hasil yang lebih permanen dibandingkan situs / halaman non – SEO. Adanya peluang yang baik untuk membangun otoritas dan brand, maa persaingan situs / halaman untuk masuk di halaman pertama hasil pencarian Google akan lebih tinggi dibandingkan non – SEO


Jika anggaran iklan habis, maka iklan situs / halaman akan berhenti tayang dari halaman pertama hasil pencarian Google saat itu juga. Jadi kemunculan situs / halaman di halaman pertama hasil pencarian Google hanya bersifat sementara sesuai ketersediaan budget / anggaran kampanye iklan. Tidak permanen seperti SEO

Apa Aja Sih Dasar-Dasar SEO ?



Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika kita ingin menjadi ahli seo atau membuat situs kita ini berada pada halaman/posisi paling pertama google dengan kata kunci yang kita targetkan.
Perlu kita ketahui, banyak orang yang bilang dasar SEO itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar seo itu ada tiga. Terus mana dong yang benar? menurut saya pribadi berdasarkan sumber yang sudah saya baca-baca, semuanya benar, Cuman untuk mereka yang mengatakan dasar SEO itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan Riset Keyword kedalam dasar seo nya dan itu sangat benar karena seo tanpa riset keyword rasanya percuma dan sia-sia saja. 

Yuk mari kita bahas satu persatu.

1. On Page SEO

Kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi oleh para pakar SEO, namun akan asing sekali untuk para pemula di dunia SEO. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website atau blog kita ini dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page SEO ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh Google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah mendapatkan ranking pertama pada Google.

Dasar yang diterapkan dalam on page SEO antara lain :
  • Tittle Tag

Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, Dengan kata lain serupa tapi tak sama. Karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. 
  • Meta Description

Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan kita, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin-plugin SEO.
  • URL

URL itu adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Kalau menurut saya sih simpelnya saja nih ya, URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.diwaardiyanto11.blogspot.com/poster-anti-korupsi” jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
  • Heading

Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Perlu kalian ketahui, Heading itu berbeda dengan tag Title (< title >).

Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
  • Link to Authority Site

Link to authority site? Apa sih itu? ia merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti youtube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).

Atau ada juga yang sudah di Authority oleh anti virus komputer kita masing-masing. Seperti Avast, Bit Defender dan anti virus lainnya.

Terus bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Extention Shop Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan SEO toolbar dari seobook.

2. Off Page SEO


Jika tadi On Page SEO, sekarang kita bahas Off Page SEO. Yaitu adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs atau menggunakan backlink.

loh apa lagi tuh backlink? 
Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.


Oleh karena itu suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.

Contoh nih ya, misalkan website atau blog anda mempunyai PR yang tinggi misalkan 10. Kemudian saya datang dan memberi komentar dengan menaruhkan link dari blog atau website saya, maka yang akan terjadi adalah website atau blog saya akan mendapatkan backlink dari situs lain yang mempunya PR 10. hal tersebut dapat menaikan posisi situs saya di search engine nantinya.
Begitulah kira-kira penjelasan backlink.

Loh Berarti Backlink Itu Sama Kaya Link Spam Dong?

Link yang sangat banyak berasal dari forum dan tidak mempunyai PR, itu merupakan Link Spam bukan Backlink.

Perlu kita ketahui kembali yang namanya link spam tidak hanya berasal dari forum, tetapi yang lebih banyak itu berasal dari Blog Comment atau komentar orang di blog yang meninggalkan puluhan hingga ratusan link yang tidak berkualitas.

Heatmap Pencarian Google


Perhatikan bahwa mayoritas klik pengguna akan banyak berada di separuh halaman pertama atas (upper fold), yaitu bagian halaman yang langsung terlihat oleh pengguna tanpa harus menggulung (scroll) atau klik untuk melihat separuh halaman bagian bawah.


Perhatikan legend warnanya. Misalnya untuk warna merah adalah 100%, yang berarti setiap kali halaman hasil pencarian ditampilkan oleh mesin pencari (misalnya Google), maka area berwarna merah itu selalu mendapat klik dari pengunjung. Sehingga artinya area berwarna merah lebih akan banyak mendapat pengunjung internet dari area warna lainnya(orange, kuning, hijau, biru muda, dan seterusnya).

Sekian posting dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Terima kasih sudah membaca!
Wassalamualaikum, wr, wb.

Sumber & Referensi:
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari
Google Image

2 comments: