Tuesday, December 20, 2016

Cloud Computing : Microsoft OneDrive




Apa kabar semuanya? Kali ini saya akan membahas tentang Cloud Computing. Mohon di simak yaaaa

Apa sih Cloud Computing itu?


Cloud computing atau komputasi awan merupakan definisi untuk teknologi komputasi grid(grid computing) yang digunakan pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Istilah komputasi awan mulai muncul pada akhir tahun 2007, komputasi awan digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi. Contoh simpelnya layanan lokal yang berpindah ke internet yaitu majalah atau surat kabar yang dulu kita baca melalui media berupa kertas sekarang dapat kita baca melalui smartphone dengan koneksi internet.


Untuk mudahnya teknologi Cloud Computing dapat dikatakan sebagai tempat atau sarana penyimpanan data (berkas pekerjaan, file multimedia dan juga aplikasi) secara online pada suatu server yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat teknologi dan koneksi internet. Ada banyak juga fitur yang diberikan oleh penyedia Cloud Computing seperti backup data otomatis dan sebagainya. Ataupun mungkin kita dapat membuat Cloud Computing kita sendiri.

Terus Cara Kerja Sistem Cloud Computing Seperti Apa?


Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.


Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Apa Aja Manfaat Dari Komputasi Awan Ini?



Dari penjelasan tentang cloud computing diatas, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari cloud computing, yaitu :

  • Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing. 
  • Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting. 
  • Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan. 
  • Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing. 
  • Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak. 

Kalo Kelemahan / resiko Cloud Computing Apa Aja?



Nah untuk kelemahannya yaitu:
  • Cloud provider yang tidak konsisten dengan performa layanannya. 
  • Privasi data, data yang disimpan pada Cloud tidak bisa 100% terjamin privasinya. 
  • Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. 
  • Perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing 
  • Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar. 

Contoh Cloud Computing Apa Aja?

Penerapan Cloud Computing telah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti:

Google lewat aplikasi Google Drive


IBM lewat IBM Smart Cloud,


Microsoft melalui sistem operasi nya yang berbasis Cloud Computing, Windows Azure dsb.

Bahas Satu Cloud Computing Dong?


Oke kali ini saya akan membahas cloud computing milik windows yang terbaru, yaitu OneDrive.


One Drive adalah tempat penyimpanan berbasis cloud yang telah disediakan oleh microsoft bagi para penggunanya, sebelumnya bernama SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengunggah dan mengsingkron berkas ke suatu penyimpanan cloud atau awan dan mengaksesnya secara real time dengan internet .

Kelebihan Onedrive:


  • Teritegrasi dengan office online. Mungkin inilah fitur utama yang membuat orang menggunakan onedrive. Ketika sedang berada di perjalanan ataupun sedang tidak membawa laptop sendiri, bisa dengan mudah melakukan editting minor dan review dokumen dimana saja dan kapan saja. Seiring dengan kecepatan internet yang semakin mumpuni, ada baiknya microsoft terus meningkatkan kualitas office online karena itulah nilai jual utama yang membuat orang ingin menggunakan onedrive.
  • Limit storage yang cukup besar. Memberikan 7Gb untuk pengguna free merupakan sesuatu yang menurut saya cukup mewah. Jumlah itu membuat leluasa menambah konten terutama konten-konten berukuran besar seperti file multimedia. Dibandingkan dropbox yang di awal hanya memberi 2Gb, tentu saja onedrive cukup bagus disini.
  • Mudah dimengerti oleh kalangan non-IT. Mengajarkan tim yang tidak memiliki background IT sama sekali biasannya cukup menimbulkan kesulitan. Namun ketika mengajarkan tim yang bukan kalangan IT, untuk menggunakan onedrive, mereka cepat menerima dan bisa dengan cepat fasih menggunakannya.


Kekurangan Onedrive:


  • Salah satu kekurangan yang menurut saya paling fatal adalah aplikasi desktop onedrive akan crash dan tidak dapat berjalan ketika panjang path dari dokumen lebih dari 256 karakter.  Kita harus banyak melakukan penyingkatan banyak nama dokumen dan folder. Hal ini sangat mengganggu karena ketika kita jadi tidak leluasa dalam mengelola dan merancang susunan folder serta dokumen. Harus hati-hati supaya tidak sampai 256 karakter. Sempat berpikir apakah hanya saya yang pusing terhadap limitasi ini, ternyata saya tidak sendiri, salah satunya bisa dibaca di web the verge ini. Penasaran apakah kendala ini merupakan suatu limitasi teknis atau tidak, saya mencoba membuat sistem dokumen yang sama di dropbox. Ternyata oh ternyata, dropbox sama sekali tidak masalah (setidaknya belum) dalam menghandle path dokumen yang lebih dari 256 karakter. Saya sedikit bingung kenapa perusahaan sebesar Microsoft tidak memperbaiki hal ini padahal sudah ada komplain sejak lama. Kalau CEO baru Satya Nadela mau benar-benar membawa Microsoft ke era cloud, setidaknya dia harus memperhatikan komplain-komplain semacam ini. Semoga saja limitasi path ini cepat ada solusinya sebelum para user kabur ke layanan penyimpanan dokumen yang lain.
  • Waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama. Terkadang saya dan tim menemukan kendala ketika folder kerja perlu waktu cukup lama untuk sinkronisasi. Entah ini permasalahan di bagian mana, namun hal ini cukup membuat tidak nyaman ketika butuh berbagi dokumen ke masing-masing folder kerja secara cepat.
  • Manajemen dokumen onedrive di mac os yang masih terbatas. Microsoft dan Apple mungkin memang perusahaan berbeda dan cenderung bersaing untuk bagian sistem operasi. Namun sebenarnya bukanlah alasan ketika Microsoft hanya bisa membuat fitur yang begitu minim untuk onedrive desktop di mac os. Adalah lebih banyak rasa harap-harap cemas untuk memastikan apakah dokumen sudah terupload atau masih hanya tersimpan di lokal drive. 

Untuk mendukung kerja oneDrive, Microsoft juga meluncurkan applikasinya.
Berikut ini system requirementnya:


Namun sayang sekali, applikasi ini belum support untuk windows XP dan LINUX

Nah itu sekilas pengertian tentang OneDrive, nah untuk bagaimana cara menggunakannya kita langsung praktikan:

  •  Temen2 harus punya akun microsoft outlook,live dll yang pastinya itu wajib
  •  Setelah punya akun microsoft kita buka link onedrive.live.com
  •  Setelah kita buka link tersebut maka akan tampil seperti berikut ini, klik sign untuk login

  •  Setelah kita klik sign untuk login, maka kita diharuskan untuk mengisi akun microsoft, setelah selasai mengisinya klik sign untuk mulai masuk. 





  • Setelah kita berhasil login, maka kita akan dibawa ke halaman One Drive dimana data kita tersimpan, untuk mulai mengupload berkas kita tinggal klik upload ,lalu cari berkas yang akan kita upload, lalu ok 


  • Proses Upload berkas telah selesai, nah sekrang kita tinggal share/berbagi file kita yang telah di upload, untuk memulainya sangat mudah, kita tinggal klik berkas yang telah di upload sesuai namanya, klik kanan lalu pilih share



  •  Tahap terkahir kita akan mengambil sebuah link pada berkas yang telah di upload, untuk caranya kita tinggal klik get a link, nah pada bagian edit kita sudah dikasihi linknya, kita tinggal share melalui situs jejaring sosial seperti fb dll.




Sekian dari saya penjelasan tentang Cloud Computing dan contohnya yaitu Microsoft OneDrive. Terima kasih telah membaca J


Referensi:

Sumber:

theverge.com/2014/3/13/5505642/onedrive-annoyance-long-file-paths
Onedrive.live.com
bayu ultimate.web.id
id.wikipedia.org
Google Image


Location: South East Asia