Thursday, November 07, 2013

PERTUMBUHAN PENDUDUK



Jika kita berbicara tentang pertumbuhan penduduk, khususnya adalah Negara kita sendiri yaitu Indonesia, maka yang ada di benak kita adalah padat, sumpek, dan tidak merata. Iyak. Memang pertumbuhan penduduk di Negara ini sangatlah tinggi. Hampir 1juta bayi lahir setiap bulannya. Entah apa penyebabnya, yang jelas barulah sekarang-sekarang ini di galakan proram KB (Keluarga Berencana). Yaitu untuk setiap keluarga di sarankan untuk mempunyai 2 anak saja. Tentu program ini di lakukan demi menahan laju pertumbuhan yang sangat tinggi ini. Perlu juga anda ketahui bahwa pertumbuhan penduduk juga sangat mempengaruhi pembangunan suatu Negara.
Tentu saja ada sisi positif dan sisi negatif dari hal ini. Mari kita bahas satu per satu.

SISI POSITIF
Sisi positif dari tingginya pertumbuhan penduduk adalah sumber daya manusianya. Jika pertumbuhan penduduk tinggi, maka sumber daya manusia akan meningkat juga. Menurut saya, jika sumber daya manusia di Indonesia ini dibenahi, maka tidak menutup kemungkinan Negara kita akan menjadi Negara maju. Secara kalian tau sendiri kita berada di peringkat kedua setelah China tentang kepadatan penduduk (Seingat saya). Jadi bisa di bayangkan jika seluruh manusia di Negara ini mempunyai kemampuan yang mempuni atau dengan kata lain Negara ini mempunyai sumber daya manusia yang baik, maka tidak perlu lagi kita bergantung pada Negara lain. Meng-impor barang dari Negara lain pasti bisa di kurangi atau bahkan tidak sama sekali. Ini bisa terjadi karena Indonesia mempunya sumber daya alam yang sangat berlimpah. Sayangnya tidak sebanding dengan kualitas sumber daya manusianya. Sehingga kita masih bergantung kepada orang-orang asing yang bekerja di Negara kita sendiri. Seakan-akan kita ini menumpang di Negara kita sendiri. Sungguh miris bukan?
Mudahnya mendapatkan tenaga kerja dengan harga murah juga bisa menjadi salah satu dampak positif dari pertumbuhan penduduk. Tetapi ya balik lagi ke kualitas tenaga kerjanya itu sendiri atau sumber daya manusianya.

SISI NEGATIF
Untuk sisi negatifnya mungkin sudah banyak yang tahu. Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dapat menyebabkan kepadatan penduduk, kesenjangan social, adanya istilah si kaya dan si miskin, pengangguran di mana-mana, tidak meratanya pertumbuhan penduduk dan lain lain. Tentu masalah-masalah tersebut akan menghambat pembangunan Negara. Jika pembangunan Negara terus terhambat, maka Negara akan terus tertinggal. Inilah sebenarnya masalah utama Negara kita ini. Bisa dikatakan masalah pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi akan terus berakar. Tidak akan ada habisnya. Kita ambil contoh coba saja kita lihat masih banyak masyarakat yang tinggal di bantaran kali ataupun di kolong jembatan. Ini hanya menunjukan atau membuktikan sebagian kecil tentang masalah-masalah yang tadi kita sebutkan.

Pasti yang ada di benak kalian, bisakah masalah-masalah tersebut terpecahkan? Siapa yang harus bertanggung jawab atas masalah ini?

Menurut saya pribadi, pasti kita bisa memecahkan masalah ini. Dimana ada niat, disitu ada jalan. Ya mungkin tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Pasti ada tahap-tahapnya dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan tentang siapa yang harus bertanggung jawab atas masalah ini, menurut saya kita tidak seharusnya menuntut pemerintah atas permasalahan ini. Kedua pihak harus bersatu dan bekerja sama untuk mengatasinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi ini?
• Makin galakan program KB !
• Hilangkan mindset tentang “banyak anak, banyak rejeki” !
Justru semakin banyak anak, maka akan semakin banyak tanggungan yang akan di tanggung. Kelak ketika didalam diri masyarakat tertanam mindset bahwa banyak anak tidak akan selalu banyak rejeki maka dapat meminimalisir tingkat kelahiran yang sangat tinggi tadi.
• Hindari pernikahan dini !
Ini adalah salah satu yang sedang di galakkan sekarang ini. Tentu ini semua adalah usaha demi menekan angka kelahiran yang sangat mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

Jadi, pertumbuhan penduduk merupakan tanggung jawab kita bersama. Diperlukan adanya kerjasama Antara semua pihak agar pertumbuhan penduduk ini tidak semakin menimbulkan permasalahan-permasalahan seperti sekarang ini.

Sekian dan terima kasih telah membaca :)

0 comments:

Post a Comment