Assalamualaikum, wr wb.
HAI!!! Apa kabar semuanya? Setelah vakum blogging karna
emang lagi liburan semesteran, akhirnya saya kembali menulis blog lagi! Tentang
apa? Just check this out!
Apa Sih Desain Pemodelan Grafik itu?
Jadi Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses
penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa
tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Jadi ibaratnya
kita tuh kalo mau bikin sesuatu seperti desain rumah dan lain lain, ya berati
kita sedang melakukan Desain Pemodelan Grafik.
Selain itu, Pengertian lain dari Desain Pemodelan Grafis
adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik dalam 3D maupun 2D,
dengan tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang
estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataannya
dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan,
marketing, dan advertising. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik
komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic
library/package, application program, dan citra.
Tapi Kalo Arti Masing-Masingnya Apa Sih?
Nah Pemodelan dan Grafik kalau diuraikan masing – masing
dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian:
- Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian
kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
- Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat
atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek.
Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat
pembuatannya.
- Grafik
Sedangkan Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan
perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses
pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Sehingaaaaa, Dari ketiga pengertian tersebut dapat
disimpulkan bahwa Desain Grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan,
ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu
desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Apa Aja Sih Unsur-unsur Desain Pemodelan Grafis?
Ada beberapa unsur yang perlu dipahami dalam Desain
Pemodelan Grafis :
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara
satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar
garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan
lebar.
- Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
- Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
- Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda
yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan
besar kecilnya suatu obyek.
Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena
dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau
membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
Prinsip Desain Grafis Tuh Apa Aja?
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam
pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca
memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita
misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text)
sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti
huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut
prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan
dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan
terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan
yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan
informal.
Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh,
yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi
dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu
nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar
desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang
berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini,
gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo
tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan
sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau
konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal
bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop,
meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau
keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi,
garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan
yang dimaksud.
Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca,
sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam
konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster
atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca
oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga
terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui
perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang,
bentuk atau motif.
Irama (repetisi)
Perkembangan Desain Grafik Dari Berbagai Media
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine
art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada
proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan
(desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media
statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik – yang
sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau
“desain multimedia” (multimedia design’)
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena
kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran untuk
mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis
dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
Pengaruh Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah
mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus.
Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong
terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai
majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan,
cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua
dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita
temui iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti
yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah
kini menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa
begitu nyata.
Bidang Studi yang Berkaitan Dengan Desain Pemodelan Grafis
Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu
terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara
ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikologi. Para
psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu
maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan
neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain
grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan
mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan
pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan
layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan
mesin.
Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi manusia-komputer secara definisi
melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan
‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian
formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai
bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal
menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi
formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti
halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949),
juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi
dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain
sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari
sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di
Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV
dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik
komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat
berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk
mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan
software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah
dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat
kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya
Budaya
Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan grafik dapat
digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita
dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu
pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang
terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang
pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah
tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam
hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar
binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk
orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat disimpulkan
bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah
dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan
teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang
diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat
secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain.
Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Beberapa Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang
mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari
penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan dalam hal desain
grafis antara lain :
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe After Effect
CorelDraw
Macromedia Freehand
dll
Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang
mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri
tetapi lebih cendrung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam
menuangkan ke dalam gambar tersebut.
Nah, bagaimana penjelasannya? Jadi, siapkah anda memulai untuk berkecimpung di dunia Desain Grafis? :D
Sekian dulu penjelasannya, sampai bertemu di postingan selanjutnya!
Terima Kasih Sudah Membaca :)
wassalamualaikum, wr wb.
Referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
- http://idesainesia.com/perkembangan-desain-grafis
- http://www.scribd.com/doc/245715696/Tugas-Softskill-1-Desain-Pemodelan-Grafik#scribd (diakses 7 Oktober 2015)
- http://legaiabay.blogspot.jp/2015/09/tugas-desain-pemodelan-grafis.html (diakses 7 Oktober 2015)
- http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis (diakses 7 Oktober 2015)
- https://guntur24.wordpress.com/2014/11/06/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam-membuat-design-pemodelan-grafis/ (diakses 8 Oktober 2015)
- Google Image.
0 comments:
Post a Comment