Friday, January 24, 2014

FENOMENA TAHUN BARU


Kali ini saya akan menjelaskan tentang fenomena tahun baru, tetapi sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2014! Semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.

Yap, selamat datang 2014, selamat tinggal 2013. Ini lah yang banyak di ucapkan oleh orang-orang pada saat malam pergantian tahun hari rabu silam. Hampir orang di seluruh dunia merayakannya. Termasuk saya :D tapi tahu kah kalian bahwa perayaan tahun baru itu ada yang bersifat positif dan bersifat negatif. Mana saja yang termasuk positif dan negatif? Nah mari kita bahas.

Pernah mendengar tentang pesta seks di malam tahun baru? Yap ini lah yang sering di lakukan oleh para pemuda. Kebanyakan mereka melakukannya di sebuah villa. Menurut sumber yang terpercaya, mereka sudah dari jauh-jauh hari membooking villa tersebut yang kebanyakan berada pada kawasan puncak, Bogor. Memang kawasan itu sudah sering menjadi tempat pesta seks pada malam tahun baru. Yang kebanyakan pembooking berasal dari daerah ibukota yaitu Jakarta. Tentu ini termasuk perayaan tahun baru yang bersifat negatif. Ini jelas akan merugikan diri sendiri. Selain menimbulkan dosa, penyakit pun rentan di “adopsi” oleh tubuh. Selain itu pesta ini kerap di dampingi dengan meminum minuman keras. Sungguh perbuatan yang tidak baik.

Lalu pernahkan anda melihat gerombolan sepeda motor atau mobil yang melakukan konvoi sehingga menimbulkan kebisingan, keonaran, dan tentu kemacetan? Yap perbuatan ini termasuk juga dalam perayaan tahun baru yang bersifat negatif. Anda kaget? Sama saya juga. Mengapa ini termasuk hal negatif? Dilihat dari dampak yang terjadi setelah atau pada saat melakukan perayaan seperti ini. Kemacetan di mana-mana, kebisingan di mana-mana, dan tentu angka kecelakaan di malam tahun baru tidak sedikit loh. Tentu yang masih hangat di telinga kita adalah tentang “Cabe-cabean”. Inilah salah satu penyebab angka kecelakaan yang tinggi di mala, tahun baru. Karena “cabe-cabean” ini mengendarai motor dengan tidak semestinya. Yaitu 1 motor bertiga dan jalan se-enak jidatnya. Berdasarkan berita yang saya lihat, Pihak kepolisian Republik Indonesia pun sudah melarang kegiatan ini. Entah apa alasan pastinya, tapi pasti ini demi kebaikan kita bersama. Mungkin akan terhindar dari kemacetan di mana-mana sampai kecelakaan yang akan membahayakan nyawa orang lain. Jika polisi saja sudah melarangnya, tentu kalian tidak kaget lagi kan dengan masuknya ini kedalam kategori perayaan yang negative :p

Lantas apa dong yang sebaiknya kita lakukan di malam tahun baru? Apakah sebaiknya berdiam diri di rumah menonton televise saja? Yaa itu juga boleh kok lagi pula apa salahnya menghabiskan waktu sama keluarga tercinta. Lagi pula banyak film-film bagus kok kalo malam tahun baru :D atau kita pergi ke mall, belanja, karna ada diskon besar-besaran di akhir tahun? Yaa selama kalian mempunyai duit, kenapa tidak toh itu hak kalian :p tapi ingat jangan lupa diri. Masih banyak kegiatan yang lebih bermanfaat dari pada menghambur-hamburkan uang.

Misalnya saja melakukan perayaan pergantian tahun baru bersama anak-anak yatim piatu. Pernahkah hal ini terpikirkan oleh kalian? Sungguh menyenangkan bisa berbagi kebahagian bersama mereka. Pahala didapat, kesenangan hati pun demikian. Tinggal bagaimana kita membuat pesta tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Lalu selain itu merayakannya dengan berkumpul di rumah bersama keluarga tercinta juga sama baiknya kok. Menghabiskan canda tawa bersama sambil menonton film-film layar lebar yang biasanya di tayangkan oleh stasiun tv lokal. Bahkan banyak kok konser-konser yang di siarkan live. Kalo ingin lihat kembang api, tinggal keluar rumah juga pasti kelihatan atau bisa dengan menonton di televisi juga banyak. Hemat bukan? Hemat biaya, hemat tenaga, keamanan dan keselamatan terjamin pula. Dan yang paling penting adalah bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Apa lagi kalo selama ini kita terlalu sibuk dengan aktivitas masing-masing. Percayalah itu akan menyenangkan. Soalnya saya pernah merasakannya :D

Jadi marilah kita tinggalkan perayaan malam tahun baru yang bersifat negatif, Dan mulailah melakukan yang bersifat positif. Tidak ada ruginya kok. Malah kita akan mendapatkan kesenangan yang lebih, bahkan sampai mendapatkan pahala. 
Jadi, tunggu apa lagi!

Dan untuk yang suka menjadikan tahun baru sebagai tolak ukur untuk merubah sesuatu, mungkin quote di bawah ini akan merubahmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.



Sekian dan terima kasih telah membaca J

0 comments:

Post a Comment